candi borobudur kerajaan di indonesia

Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran melalui Media Website di SMP Baitul Qur’an Boarding School Kabupaten Sragen

Sudir Sudir, M Akhyar, Siti S Fadhilah

Sari


Abstrak

Kemampuan menghafal Al-Quran merupakan suatu kewajiban peserta didik yang menempuh pendidikan di SMP Baitul Quran Boarding School Sragen. Peserta didik diwajibkan menghafal Al-Quran sebanyak 11 juz dengan rincian kelas VII sebanyak 4 juz, kelas VIII sebanyak 3 juz, dan kelas IX 4 juz. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis (1) pencapaian peserta didik dalam menghafal Al-Quran dengan metode konvensional dan (2) penggunaan media yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Baitul Quran Boading School Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif model meliputi koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan memverivikasi data. Hasil penelitian diperoleh (1) peserta didik kelas VII dalam menghafal Al-Quran mencapai 12-13 halaman setiap bulannya, (2) kemampuan menghafal Al-Quran dengan media website mencapai 4-5 halaman dalam waktu 12 jam.

 

Kata kunci: menghafal; media; website; al-quran.

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.