candi borobudur kerajaan di indonesia

Evaluasi Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran di Universitas Sebelas Maret Surakarta

Sakroni Sakroni, Nunuk Suryani, Arif Musadad

Sari


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: (1) konteks (context) Jabatan Fungsional Pengembang TeknologiPembelajaran (JF-PTP) yang meliputi (a) Landasan hukum, (b) Kebijakan, tujuan mengangkat dan mengadakan JF-PTP, (c) kompetensi SDM; (2) masukan (input) JF-PTP meliputi  (a) upaya peningkatan kompetensi SDM, (b) upaya penataan dan tata kelola SDM, (c) upaya peningkatan motivasi kerja; (3) Proses (Proccess)JF-PTP meliputi (a) pelaksanaan, (b) kendala-kendala pelaksanaan, (3) Produk (Product)JF-PTP meliputi (a) Kompetensi dan kinerja JF-PTP (b) manfaat JF-PTP.

Penelitian dilaksanakan di Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan menggunakan metode penelitian deskriptif evaluatif (kualitatif) model CIPP (Context, Input, Process, Product). Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara, observasi langsung dan studi dokumentasi. Untuk menguji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari dua tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) evaluasi terhadap konteks JF-PTP di UNS meliputi: (a) Kesesuaian  PTP di UNS dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku saat ini. (b)Kegiatan dan kinerja PTP mendukung visi, misi dan tujuan UNS, (c) kompetensi SDM belum sesuai standar; (2) evaluasi terhadap masukan  PTPdengan berbagai upaya meliputi  (a) upaya peningkatan kompetensi SDM, (b) upaya untuk menempatkan posisi PTP melalui komitmen pimpinan, (c) Upaya peningkatan motivasi kerja dengan meningkatkan sarana dan prasarana penunjang kerja PTP, (3) Evaluasi terhadap proses JF-PTP meliputi (a)  peranan JF-PTP dalam proses pembelajaran dan faktor-faktor pendukung kinerja PTP, (d) kendala-kendala yang tarjadi pada implementasi JF-PTP; (3) Evaluasi produk terhadap JF-PTP antara lain (a) Peningkatan  kualitas, kompetensi dan kinerja setelah tenaga kependidikan masuk sebagai pemangku JF-PTP; (b) keberadaan JF-PTP di UNS berfungsi sebagai fasilitator proses pemebelajaran pada fakultas/Lembaga Pengembangan Pendidikan

 

Kata kunci: Evaluasi program; JF-PTP; CIPP; UNS


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.