candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Puthut Hudi Purnomo, Nunuk Suryani, Sunardi Sunardi

Sari


Abstrak

Hasil belajar pada kompetensi dasar pengenalan sifat – sifat komponen elektronika pasif dan aktif di SMKN 1 Jiwan Madiun masih rendah bahkan masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Survei yang dilakukan menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terbuka, pengamatan/observasi, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan model analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) motivasi belajar siswa meningkat berdasarkan skor rata-rata angket dimana pada pra tindakan  dengan rata-rata 57,48, pada siklus I dengan rata-rata 61,22, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 72,96. (2) prestasi belajar siswa meningkat yaitu dari pra tindakan jumlah siswa yang kompeten 7 siswa atau 26%, siswa yang tidak kompeten 20 siswa atau 74%, pada siklus I siswa yang kompeten 15 siswa atau 56%, siswa yang tidak kompoten 12 siswa atau 44,4%, sedangkan pada siklus II siswa yang kompeten 21 siswa atau 80%, siswa yang tidak kompeten 5 siswa atau 20%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model kooperatif type Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada kompetensi pengenalan sifat – sifat komponen elektronika pasif dan aktif siswa kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Jiwan Madiun.

 

Kata kunci : Komponen elektronika pasif dan aktif; Think  Pair Share (TPS); Motivasi; Hasil Belajar 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.