PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH RSBI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh: (1) Kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Fisika kelas X RSBI di SMA N 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012; (2) Fasilitas belajar terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Fisika kelas X RSBI di SMA N 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012; (3) Kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar secara bersama- sama terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Fisika kelas X RSBI di SMA N 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan mengumpulkan data-data kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA N 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 sejumlah 317 siswa dengan sampel 85 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya adalah teknik analisis regresi linier ganda.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Fisika kelas X RSBI di SMA N 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012, hal ini ditunjukan dengan thitung> ttabel atau 3,375 > 1,984; (2) Ada pengaruh fasilitas belajar kelas RSBI terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Fisika kelas X RSBI di SMA N 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012, hal ini ditunjukan dengan nilai thitung> ttabel atau 2,290 > 1,984; (3) Ada pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar secara bersama- sama terhadap kemampuan kognitif siswa mata pelajaran Fisika kelas X RSBI di SMA N 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012, hal ini ditunjukan dengan harga Fhitung> Ftabel atau 27,491 >3,09. Dalam penelitian ini dilaporkan juga bahwa persamaan regresi linier Y = 22,232+ 0,341 X1 + 0,472 X2. Hal ini berarti bahwa rata-rata kemampuan kognitif siswa mata pelajaran Fisika (Y) meningkat atau menurun sebesar 0,341 untuk setiap peningkatan atau penurunan satu unit kompetensi pedagogik guru (X1) dan meningkat atau menurun sebesar 0,472 untuk setiap peningkatan atau penurunan satu unit fasilitas belajar (X2).
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Fasilitas Belajar, Kognitif, Fisika, SBI
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami 36 A Kentingan Surakarta
Website : http://fisika.fkip.uns.ac.id
Email : seminarnasionalfisika@gmail.com