PENERAPAN MODEL STAD MENGGUNAKAN HIPERMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI FLUIDA STATIK KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 KLATEN SEMESTER 2 TAHUN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk 1.mendeskripsikan aktifitas belajar dengan model STAD menggunakan hipermedia pada peserta didik kelas XI IPA 3 semester 2 tahun pelajaran 2010/2011,2. mengetahui peningkatan hasil belajar fisika materi fluida statik setelah diberikan pembelajaran dengan model STAD menggunakan hipermedia pada peserta didik kelas XI IPA 3 semester 2 tahun pelajaran 2010/2011.Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Klaten yang terletak di Jl Merbabu no 13 Klaten pada bulan Maret – Mei 2011. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Klaten semester 2 tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 30 siswa. Prosedur kerja dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, tiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, refleksi dan analisis. Teknik analisis proses tindakan dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan data observasi. Dan analisis hasil tindakan dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan rumus gain ternormalisasi dengan nilai awal merupakan nilai kemampuan awalpra siklus pada konsep gaya, tekanan dan massa jenis,dan nilai akhir merupakan nilai pada materi fluida statik pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini menyatakan1. pada proses pembelajaran aktifitas belajar peserta didik yang memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru (93,33%), mengerjakan lembar kerja siswa (96,66%), berdiskusi/bertanya antara peserta didik dengan guru (86,66%), berdiskusi antar peserta didik ( 83,33%), memperhatikan penjelasan teman (90,00%), menulis hal-hal yang relevan dengan pembelajaran (90,00%), terampil dalam menggunakan alat-alat laboratorium (80,00%) dan berperilaku yang tidak relevan dengan kegiatan pembelajaran (16,66%).2. pada siklus 1 diperoleh gain sebesar 0,68 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 0,77 sehingga terdapat peningkatan hasil belajar materi fluida statik setelah diberikan pembelajaran dengan model STAD menggunakan hipermedia pada peserta didik kelas XI IPA 3 semester 2 tahun pelajaran2010/2011.
Kata kunci: aktifitas belajar, hasil belajar , hipermedia, STAD.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami 36 A Kentingan Surakarta
Website : http://fisika.fkip.uns.ac.id
Email : seminarnasionalfisika@gmail.com