candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MATERI LISTRIK DINAMIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS IX E SMP N 2 WURYANTORO TAHUN 2011-2012

Marseno Aji

Abstract


Hasil pengamatan peneliti pada saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung di kelas IXE SMP Negeri 2 Wuryantoro tahun ajaran 2011-2012terasa  kurang antusias.Hasil Ulangan penjajakan pada materi Listrik Dinamis menunjukkan masih jauh dari harapan, yaitu sebagian besar siswa belum tuntas belajar  (59,4 %).Siswa dinyatakan tuntas belajar pada mata pelajarn IPA jika telah memperolih minimun 65.  Rendahnya hasil tes( ulangan) merupakan salah satu indikasi bahwa penguasaan konsep IPA oleh siswa masih rendah. Hasil tes IPA yang masih rendah ini diduga disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kurangnya kemampuan guru dalam memilih model dan pendekatan pembelajaran  yang tepat serta kurang melibatkan siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) yang belum optimal.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar terhadap materi Listrik Dinamis melalui preses pembelajaran berbasis masalah di kelas IX E SMP Negeri 2 Wuryantoro Tahun Pelajaran 2011/2012 .

Penelitian ini dilakasanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2011/2012, dimulai pada pekan ketigabulan Oktober 2011 sampai dengan pekan  ketiga bulan Desember 2011 di SMP Negeri 2 Wuryantoro. Penelitian dilakukan di kelas IX E SMP Negeri 2 Wuyantoro yang terdiri atas 32 siswa, 17 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki.

Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan strategi pembelajaran di mana siswa belajar bersama dengan menggunakan masalah sebagai basis dalam pembelajaran. Pada model pembelajaran berbasis masalah diajarkan ketrampilan-ketrampilan khusus agar dapat menyelesaikan masalah dan.di akhir pembelajaran diadakan evaluasi. Hasilulangan harian meningkat dari siklus I,siklus II, baik dari prosentase ketuntasan klasikal maupun rata-rara kelas ulangan harian. Kenaikan tersebut sebesar 53,1 % untuk ketuntasan klasikal dan 13,5 Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX E SMP Negeri 2 Wuryantoro  tahun pelajaran 2011/2012 pada materi Listrik Dinamis.

 

Kata Kunci : Pembelajaran berbasis masalah,  Pretasi Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret

Jl. Ir. Sutami 36 A Kentingan Surakarta

Website : http://fisika.fkip.uns.ac.id

Email : seminarnasionalfisika@gmail.com