candi borobudur kerajaan di indonesia

POTENSI STRATEGI RECIPROCAL TEACHING UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SEKOLAH MENENGAH BERKEMAMPUAN AKADEMIK RENDAH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Abdul Basith

Abstract


ABSTRAK

 

Pembenahan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia menjadi hal yang terus dilakukan oleh pemerintah maupun praktisi pendidikan untuk meningkatkan daya saing bangsa. Diantaranya adalah peraturan penyelenggaraan satuan pendidikan bertaraf internasional. Pengelompokkan sekolah saat ini berpeluang memunculkan permasalahan baru di dunia pendidikan, yaitu semakin termarjinalkannya kelompok peserta didik berkemampuan akademik rendah. Akibat yang terjadi adalah polarisasi antara kelompok SMA berkualifikasi tinggi dengan siswa berkemampuan akademik tinggi dan SMA berkualifikasi rendah dengan siswa berkemampuan akademik rendah. Permasalahan yang demikian diantaranya dapat diringankan dengan pemilihan strategi pembelajaran yang terbukti dapat memberdayakan keterampilan metakognitif peserta didik berkemampuan akademik rendah. Salah satu strategi yang berpotensi membantu memberdayakan keterampilan peserta didik adalah Reciprocal Teaching (RT). Implementasi strategi RT pada pembelajaran biologi diharapkan dapat membantu memberdayakan keterampilan metakognitif siswa sekolah menengah yang diikuti dengan pemahaman konsep biologi yang lebih baik.

 

Kata Kunci:  Strategi Reciprocal Teaching (RT), kemampuan akademik rendah, keterampilan metakognitif,   pemahaman konsep, pembelajaran biologi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret