candi borobudur kerajaan di indonesia

Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV Di SDN Sumberejo 01

Maria Tri Erowati

Abstract


Salah satu mata pelajaran yang terdapat ditingkat sekolah dasar kelas  IV adalah  IPA. Permasalahan  yang  dialami  oleh  siswa  kelas  IV  adalah  padatnya materi  pelajaran  IPA   yang harus  dipelajari,  sehingga  siswa  kurang mampu  untuk  mengingat  atau  menghafalkan  semua materi yang ada.  Upaya guru agar siswa  dapat  memahami  materi  pelajaran  dengan baik yaitu menggunakan alat  peraga  atau  media pembelajaran.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh  penggunaan  media  pembelajaran benda  konkret  terhadap  motivasi belajar IPA siswa kelas IV di SDN Sumberejo 01. Jumlah responden yang diteliti adalah 20 siswa  yaitu seluruh  siswa  kelas  IV di SDN Sumberejo 01.  Jenis  dan  metode  penelitian  yang  digunakan adalah  asosiatif  dengan  pendekatan  kuantitatif.  Variabel bebas dal am  penelitian  ini  adalah  (  X  ) penggunaan  media  benda  konkret,  sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah ( Y ) motivasi belajar IPA siswa kelas IV. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup  dengan skala  likert  dan dokumen  hasil  belajar  IPA  siswa.  Uji  instrumen  penelitian  menggunakan  uji validitas  dan  reliabilitas.  Uji  prasyarat  analisis  menggunakan  uji  normalitas  dan uji  linearitas.  Teknik  analisis  data  menggunakan  analisis  deskriptif,  regresi sederhana,  dan  koefisien  determinasi  yang  digunakan  untuk  menguji hipotesis. Hasil  penelitian  ini  adalah  terdapat  pengaruh  yang  positif  dan  signifikan antara penggunaan media benda konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV.  Hal  ini  ditunjukan  dengan  nilai  t hitung lebih  besar  dari  ttabel (9,012>1,658) atau sig (0,000<0,05),  dan  dengan  nilai  kontribusi  41,6%. Hal ini ditunjukan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,416.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.