candi borobudur kerajaan di indonesia

Meningkatkan Kinerja Guru Ditinjau Dari Kedisiplinan Dan Motivasi Kerja Guru Di SD Negeri X Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan

Andri Sulistyo, Wisnu Wijayanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SD Negeri X Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Subyek penelitian dalam penelitian ini sebanyak 15 guru di SD Negeri X Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan, jenis

data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan data primer yang didapat dari wawancara dan jawaban responden berupa pengisian kuesioner kinerja, motivasi kerja dan disiplin kerja yang disebarkan kepada guru di SD Negeri X Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten

Grobogan.

Adapun Uji istrumen yang digunakan untuk menguji layak atau tidaknya suatu pertanyaan adalah uji Validitas dan uji Reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi. Sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik berupa uji multikolonieritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, dan uji normalitas. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa adanya pengaruh antara motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru yang signifikan. Dari kedua variabel tersebut variabel disiplin kerja berpengaruh lebih besar terhadap kinerja guru dibandingkan dengan motivasi. Dengan adanya penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru memerlukan motivasi dan pendisiplinan dalam meningkatkan kinerja, terutama Kepala sekolah harus lebih meningkatkan kedisiplinan kepada guru di SD Negeri X Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Langkah-langkah relevan yang dapat dilakukan oleh Kepala Sekolah seperti penggunaan finger print dapat digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan guru.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.