candi borobudur kerajaan di indonesia

Kendala Implementasi Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta

Suwardi Suwardi

Abstract


Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) berada pada usia antara 6-12 tahun. Anak pada usia ini memiliki pola pikir yang holistik. Oleh sebab itu, MI perlu melaksanakan pembelajaran tematik yang memadukan semua mata pelajaran. Permasalahannya, belum semua MI Swasta dapat melaksanakan  pembelajaran tematik tersebut. Berdasarkan kondisi tersebut perlu diteliti kendala-kendala yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tematik di MI Swasta.

Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru dan kepala MI Swasta di Kecamatan Klego dan Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling.  Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.

Kesimpulan yang dihasilkan penelitian ini adalah: dari 18 MI Swasta yang dijadikan sampel penelitian, MI Swasta yang telah melaksanaan pembelajaran tematik di kelas I sebanyak 8 MI (44,44 %), dan di kelas IV sebanyak 7 MI (38,89 %). Kendala yang dihadapi MI Swasta dalam melaksanakan pembelajaran tematik meliputi rendahnya kemampuan guru dan keterbatasan jumlah dan muatan isi buku pembelajaran tematik. Untuk meningkatkan kemampuan guru dapat ditempuh melalui workshop pembelajaran tematik bagi guru atau menerbitkan buku petunjuk pelaksanaan pembelajaran tematik secara lengkap. Untuk mengatasi kendala jumlah dan isi buku dapat ditempuh dengan cara meningkatkan jumlah buku dan ketepatan waktu pengiriman. Untuk mengatasi muatan isi buku perlu diterbitkan buku pembelajaran tematik yang memuat semua mata pelajaran diajarkan di MI, baik mata pelajaran umum maupun mata pelajaran keislaman.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.