candi borobudur kerajaan di indonesia

Analisis Urgensi Metode Pembelajaran Bercerita Bagi Perkembangan Empati Anak Di TK Dharma Wanita Kendal Tahun Ajaran 2015/2016

Ilma Kumoro

Abstract


Kondisi kemampuan empati pada anak usia Taman Kanak-kanak atau anak dengan usia kronologis 5 sampai dengan 6 tahun masih bersifat potensial, meskipun sebagian sudah teraktualisasi secara sederhana dalam kehidupan anak sehari-hari. Anak sudah mampu melihat perasaan orang lain ketika orang lain tersebut mengalami suatu hal yang menyenangkan ataupun menyedihkan. Selain itu, anak juga sudah mampu memahami situasi yang berbeda antara orang yang ia beri rasa empati dengan situasi dirinya sendiri. Secara tertulis, negara kita sudah mengangkat bidang afeksi sebagai salah satu sasaran pengembangan anak didik, namun pada prakteknya hanya kognitif yang masih kerap dikedepankan. Hal tersebut juga didapati pada pendidikan tingkat Taman Kanak-kanak (TK). Akan tetapi saat ini kondisi seperti itu sudah berkurang, khususnya atas kesadaran masyarakat mengenai pentingnya nilai afeksi, termasuk empati dalam kehidupan sosial juga bertambahnya bekal guru mengenai teori bahwa stimulasi terbaik dilakukan sejak anak berusia dini. Salah satu metode pembelajaran yang efektif bagi stimulasi perkembangan afeksi anak adalah metode bercerita. Rasa empati merupakan bagian dari ranah afeksi, sehingga fokus dapat dikerucutkan pada empati anak tersebut. Kegiatan bercerita cenderung disukai oleh anak usia Taman Kanak-kanak dan dapat dilakukan melalui beberapa media, seperti boneka tangan dan buku cerita bergambar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Sesuai dengan jenisnya, maka penelitian ini akan mengedepankan penguraian data melalui deskripsi sebagai pembahasan pokok. Data diperoleh dari observasi langsung terhadap perilaku anak kelas B di TK Dharma Wanita Kendal, Ngawi. Selain itu juga dilaksanakan wawancara, baik wawancara langsung maupun tidak langsung.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.