Penerapan Metode Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Balok Tangram Untuk Meningkatkan Pemahaman Pecahan Sederhana Mata Pelajaran Matematika Semester Ii Pada Siswa Kelas Iii D SLB-D YPAC Surakarta Tahun 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran dengan media Balok Tangram dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pecahan sederhana dalam pelajaran matematika pada siswa kelas III D SLB-D YPAC Surakarta Tahun 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III D SLB-D YPAC Surakarta Tahun 2014/2015 yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan tes. Rancangan analisis yang digunakan untuk penelitian adalah dengan pendekatan kualitatif didasarkan pada tiga komponen utama meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Balok Tangram dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas III D SLB-D YPAC Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang yang setelah mengikuti kegiatan pembelajaran Hasil tes Siklus I dan Siklus II menunjukkan bahwa penguasaan konsep pada siswa semakin meningkat. Selain dapat meningkatkan hasil belajar, pembelajaran dengan alat peraga balok tangram merupakan hal yang baru bagi siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar, dan siswa menjadi lebih bersemangat. Hal ini ditunjukan dengan hasil pengamatan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari mulai Siklus I sampai Siklus II.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.