candi borobudur kerajaan di indonesia

Teknologi Pendidikan Sebagai Pembelajaran Kompetitif Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa: Studi Kasus Di Salah Satu SMA Di Salatiga

Kristiana Hesti Padmini, Brigitta Putri Atika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara atau metode yang tepat guna meningkatkan prestasi belajar siswa di salah satu SMA di Salatiga dengan menggunakan teknologi sebagai  sarana perbaikan proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan deskriptif analisis dengan menggunakan instrument angket yang dibagikan secara acak kepada 64 siswa SMA “X”di Salatiga. Teknologi pendidikan merupakan suatu perangkat bantu untuk memfasilitasi proses belajar mengajar supaya lebih efektif, menarik dan efisien, serta dapat membantu guru ataupun siswa untuk mendapatkan materi dengan cepat dan dapat belajar secara mandiri. Teknologi pendidikan dapat berupa audio, visual dan audio visual. Teknologi dalam pendidikan ini dapat digunakan untuk meningkatkan hasil prestasi siswa dan mutu pendidikan yang ada serta menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif, inovatif, menarik dan menantang. Penelitian ini memiliki manfaat yaitu untuk mendapatkan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan prestasi siswa, sehingga mutu pendidikan di SMA “X”Salatiga dapat meningkat. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar (nilai rata-rata siswa) dipengaruhi oleh motivasi dan keuletan siswa dalam belajar, sehinngga metode pembelajaran yang tepat adalah dengan metode pembelajaran yang kompetitif. Dalam penelitian ini didapat beberapa saran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode pembelajaran yang kompetitif dan menggunakan teknologi pendidikan sebagai media pembelajaran. Beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya dengan membuat film, membuat poster dengan menggunakan software yang ada, pembelajaran dengan menggunakan skype atau guru membuat online game yang sesuai dengan materi yang diajarkan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.