candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MASALAH SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD N PAJANG IV LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Tri Murdiono, Sutijan, Hadiyah

Abstract


ABSTRAK

 

Tri Murdiono. PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MASALAH SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD N PAJANG IV LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep masalah sosial dalam pembelajaran IPS melalui penggunaan model Picture And Picture dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Pajang IV Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pajang IV Laweyan yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep masalah sosial dapat meningkat melalui model picture and picture pada siswa kelas IV SDN Pajang IV Laweyan. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan klasikal siswa mulai dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Pada pratindakan, ketuntasan klasikal mencapai 40,62% atau 13 siswa dari 32 siswa, pada siklus I tingkat ketuntasan klasikal mencapai 62,50% atau 20 siswa dari 32 siswa, dan pada siklus II tingkat ketuntasan klasikal mencapai 81,25% atau 26 dari 32 siswa. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan, pada pratindakan nilai rata-rata kelas mencapai 60,47; pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 71,30; dan pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 73,23.

Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan pemahaman konsep Masalah Sosial dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD N Pajang IV, Laweyan, Surakarta tahun ajaran 2014/2015.

 

 

Kata kunci: pemahaman, konsep masalah sosial, picture and picture

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786