PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAUR AIR
Abstract
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep daur air dengan menggunakan mode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas V SDN 02 Jetis Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 02 Jetis Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model deskriptif komparatif dengan 4 komponen, yaitu penyediaan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi. Validitas isi digunakan untuk memvalidasi instrumen soal tes. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan pemahaman konsep daur air dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya materi daur air pada siswa kelas V SDN 02 Jetis Karanganyar tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci : Numbered Heads Together, pemahaman konsep, daur air
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2337-8786