candi borobudur kerajaan di indonesia

Peningkatan Pemahaman Konsep Sifat-sifat Cahaya Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) Pada Siswa Sekolah Dasar

Rifai Nurmansah, Peduk rintayati, Yulianti

Abstract


The purpose of this research is to improve the understanding of light characters concept through Student Facilitator and Explaining (SFE) learning model in the fifth grade of SD Negeri 1 Tunggulsari 1 Surakarta in academic year 2015/2016. This research is a classroom action research (CAR). This research consisted of two cycles which consisted of two meetings for each cycle. Every cycle consist of four phases, planning, acting, observing, and reflecting. The subject of this research were the fifth grade students of SD Negeri Tunggulsari 1, amount 30 students. The techniques of data collection use observation, interview, test, and documentation. The techniques of data validation use triangulation of source and triangulation of technique. Data analysis of use interactive analysis model. Result of research shows the improvement applying of Student Facilitator and Explaining (SFE) learning model was able to improve understanding on light characters concept in the fifth grade of SD Negeri Tunggulsari 1 in the academic year of 2015/2016.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat cahaya dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) pada siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari 1 Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari 1, Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari 1 tahun ajaran 2015/2016.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786