candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, AND REPETITION DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL (AIR-MAV) GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI

Atiek Zulfah Laila, Sukarno, M. Ismail S

Abstract


Abstract: The objectives of this research were (1) to improve the descriptive writting skill by using Auditory, Intellectually, and Repetition with Audio Visual Media (AIR-MAV) learning method. (2)  to explain the implementation of Auditory, Intellectually, and Repetition with Audio Visual Media (AIR-MAV) learning method on students at grade IV of  Djama’atul Ichwan Elementary School of Surakarta in the Academic Year of 2015/2016. This research was Classroom Action Research (CAR) which conducted in two cycles, each cycle consisted of four stages, they were planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this research were 34 students, they were 19 female students and 15 male students.  This research was using interactive analysis technique as data analysis technique, this technique consisted of three components, they were data reduction, presentation, and conclusion. From this research it can be concluded that (1) descriptive writting skill could be improved by using Auditory, Intellectually, and Repetition with Audio Visual Media (AIR-MAV) learning method; and (2) the implementation of AIR-MAV learning method could improve the descriptive writting skill of students at grade IV of Djama’atul Ichwan Elementary School of Surakarta in the Academic Year of 2015/ 2016.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition dengan Media Audio Visual (AIR-MAV). (2) Memaparkan penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition dengan Media Audio Visual (AIR-MAV) pada siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan Surakarta yang berjumlah 34 siswa, yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 15 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) keterampilan menulis deskripsi dapat meningkat melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition dengan Media Audio Visual (AIR-MAV); dan (2) penerapan model pembelajaran AIR-MAV dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci: keterampilan  menulis, deskripsi, Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition, Media Audio Visual


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786