candi borobudur kerajaan di indonesia

Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Whole Language

Ainul wicaksono, Rukayah, Siti Kamsiyati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui penggunaan pendekatan whole language pada siswa kelas IIC SD Djama’atul Ichwan Surakarta tahun 2015/2016.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIC SD Djama’atul Ichwan Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitan ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif.

Pada saat pratindakan nilai rata-rata sebesar 62,77, pada siklus I meningkat menjadi 72,33, dan pada siklus II meningkat menjadi 79. Presentase ketuntasan siswa sebelum tindakan siswa yang mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 70 hanya 11 siswa (41%), siklus I sebanyak 19 siswa (70%), dan siklus II sebanyak 26 (96%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan whole language dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IIC SD Djama’atul Ichwan Surakarta tahun 2015/2016. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai keterampilan menulis deskripsi dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan.

 

The purpose of this research was to improve the descriptive writing skill using whole language approach of the students second grade C of SD Djama’atul Ichwan Surakarta year 2015/2016.

This research was classroom action research, it conducted in two cycles. Each cycles consist of two confluence. Each cycles consist of four phases, namely: planning, implementation, observation, adn reflection. The subjects of this research were of the students in Second Grade C Of SD Djama’atul Ichwan Surakarta as many as 27 students. The data collecting technique were interview, observation, documentation, and test. The data validity were triangulation of resources and triangulation of technique. The technique of analyzing data was the interactive model analysis.

 Score averaged grade in pre action was 62,77, cycle I indicated the score averaged grade was 72,33, and cycle II  indicated the score averaged grade increase become 79. Before the treatment the student who pass the completnes minimum criteria (KKM) more than 70 is only 11 students (41%). In the cycle I as much as 19 stundent can pass the KKM (70%), and in the cycle II as much as 26 student can pass the KKM (96%). The result of this research was using whole language approach can improve students skill of descriptive writing at the second grade C of SD Djama’atul Ichwan Surakarta year 2015/2016. It is proven on the condition before and after action


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786