candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN FLASH CARDS

Arum Meidianita, Sukarno, Endang Sri M

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve the reading skills of Java script with using TSFC model and explain the application process of learning model TSFC (Talking Stick with Flash Cards) on the fifth students of SDN Jatimulyo Wedarijaksa Pati at academic year 2015/2016. The form of this research is the classroom action research with two cycles. Each cycle consists of four phases, they are planning, implementation, observation, and reflection. This research subject is fifth grade students and teachers of SDN Jatimulyo with number of students as much as 36 students. The data collection techniques using observation, interview, test, and the document. The data analysis techniques used are interactive analysis model which consists of three components they are data reduction, presenting data, and conclusion drawing. The conclusion of this research is implementing of learning model TSFC (Talking Stick with Flash Cards) to improve reading Java script skill on the 5 grade students of of Jatimulyo Elementary School at academic year 2015/2016.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa dengan penggunaan model TSFC dan memaparkan proses penerapan model pembelajaran TSFC (Talking Stick berbantuan Flash Cards) pada siswa kelas V SDN  Jatimulyo Kecamatan Wedarijkasa Kabupaten Pati tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa dan guru kelas V SDN Jatimulyo dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TSFC (Talking Stick berbantuan Flash Cards) dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa siswa kelas V SDN Jatimulyo tahun ajaran 2015/2016.

                                                                                                                 

Kata Kunci : keterampilan membaca, aksara Jawa, model pembelajaran TSFC


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786