candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI PANAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING (PjBL)

Tri Yulia, Kuswadi, Sularmi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep energi panas pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Mangkubumen Lor No. 15 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 melalui penerapan model Project-Based Learning (PjBL).  Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 14 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project-Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan pemahaman konsep energi panas siswa kelas IV SD Negeri Mangkubumen Lor No. 15 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci: pemahaman konsep, energi panas, model Project-Based Learning (PjBL)

The purpose of this research is to improve the understanding of the concept of heat energy on the IV grade students of State Elementary School Mangkubumen Lor No. 15 Surakarta in academic year 2015/2016 by applying model Project Based Learning (PjBL). The form of this research was Classroom Action Researches (CAR)that consist of two cycles, each cycles consisting of two meets with each consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research are techer and the IV grade whic have 29 students, consisting 14 female and 15 male. Data collecting technique used are observation, interview, test, and documentation. Validity data used by source triangulation, data gathering technique, and content validity. Analysis data used distributive comparative and interactive analyses consist of three compononents, they are data reducion, data display, and conclusion. Based on result of the research, it can be conclude that the application Project-Based Learning (PjBL) model can improve the concept understanding of  heat energy on the IV grade stundents of the State Elementary School Mangkubumen lor No. 15 Surakarta, in academic year 2015/2016.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786