candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENDONGENG

Nanda Setyanto, St. Y. Slamet, Tri Budiharto

Abstract


Abstract: The purpose of this research was to improve the storytelling speaking skill by using Cartoon Puppet media on the third grade students of SD Negeri Tirtoyoso No. 111 Surakarta academic year 2015/2016. The type of the research was the Classroom Action Research (CAR) which was carried out in two cycles. Each cycle through the stage of planning, implementation, observation, and reflection. The data collecting technique were interview, observation, and test. The data validity techniques were triangulation of resource and triangulation technique. The data analysis technique was interactive analysis model. The result of the research showed that in precycle the average score of the storytelling speaking skill was 59,17 with the class completeness was 31,03%. In the first cycle, the class average score was 70,55 with the class completeness was 65,52%. In the second cycle, the class average score was 81,03% with the class completeness was 93,10%. The conclusion of the research was the use of Cartoon Puppet media can improve storytelling speaking skill on the third grade students of SD Negeri Tirtoyoso No. 111 Surakarta academic year 2015/2016.        

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berbicara mendongeng dengan menggunakan media Wayang Kartun pada siswa kelas III SD Negeri Tirtoyoso No. 111 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan tes. Teknik uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus nilai rata-rata keterampilan berbicara mendongeng siswa sebesar 59,17 dengan presentase ketuntasan kelas sebesar 31,03%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas menigkat menjadi 70,55 dengan presentase ketuntasan kelas 65,52%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,03 dengan presentase ketuntasan kelas sebesar 93,10%. Simpulan penelitian ini yaitu penggunaan media Wayang Kartun dapat meningkatkan keterampilan berbicara mendongeng pada siswa kelas III SD Negeri Tirtoyoso No. 111 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.                

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Wayang Kartun, Keterampilan Berbicara Mendongeng

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786