candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Model Make a Match untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPS tentang Perjuangan Tokoh Nasional

Maharani Nimasayu Hendraswari, Amir, Hadiyah

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS tentang perjuangan tokoh nasional pada siswa kelas V SDN Bratan III Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Bratan III Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif dan analisis deskriptif komparatif. Hasil analisis penelitian pada pratindakan menunjukkan nilai rata-rata pemahaman konsep IPS mencapai 49,3 dengan ketuntasan klasikal 23,33% atau sebanyak 7 siswa dari 30 siswa tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata mencapai 71,3 dengan ketuntasan klasikal 66,67% atau 20 siswa dari 30 siswa tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,5 dengan ketuntasan klasikal mencapai 90% atau 27 siswa dari 30 siswa tuntas. Simpulan penelitian ini adalah penerapan Model Make a Match dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS tentang perjuangan tokoh nasional siswa kelas V SDN Bratan III Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

 

Abstrack: The objective of this research was to improved the understanding concept of Social Science about the struggle of national figure to 5th grade students of Bratan III elementary school Surakarta in academic years 2015/2016. The research was a Classroom Action Research (CAR) use cycles model. This research was conducted in two cycles, with four steps on each cycles; planning, implementation, observation, and reflection. The subjets of this research is the students of 5th grade of Bratan III elementary school Surakarta. The data collection techniques of this research were observations, interview, document, and test. The data validity of this research was tested using source and techniques triangulation. The data analysis used was interactive data analysis and comparative descriptive analysis. The result of research at pre-action stage, average  value of the understanding concept reached 49,3 with 23,33% classical completeness or as much as 7 out of 23 students succeeded. On the first cycle, the average value achieved 71,3 with 66,67% of classical completeness or about 20 out of 30 students succeeded. On the second cycle, the average increased up tp 80,5 with 90% of classical completeness or about 27 out of 30 students succeeded. The conclusion of the research is the implementation of Make a Match model can improve the understanding concept of Social Science about the struggle of national figure 5th of Bratan III elementary school Surakarta in academic years 2015/2016.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786