candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP STRUKTUR BUMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

RIESSA AUDINITAMI PUTRI, Usada, Kuswadi

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve the understanding of the concept of earth structure on the V grade students of State Elementary School Karangasem 2 Laweyan, Surakarta in academic year 2015/2016 by applying cooperative model of Make a Match type. The form of this research was Classroom Action Researches (CAR) that consist of two cycles, each cycles consisting of two meets with each consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research is the teacher and student V grade which have 29 students, consisting 10 male and 19 female. Data collecting technique used are interview, observation, test, and documentation. Validity data used by content validity, data source triangulation, and data gathering technique triangulation. Analysis data used distributive comparative and interactive analyses consist of three components, they are data reduction, data display, and conclusion. Based on result of the research, it can be conclude that the application cooperative model of Make a Match type can improve the concept understanding of earth structure on the V grade students of State Elementary School Karangasem 2 Laweyan, Surakarta in academic year 2015/2016. Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep struktur bumi pada siswa kelas V SD Negeri Karangasem 2, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 melalui penerapan model kooperatif tipe Make a Match. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan pemahaman konsep struktur bumi siswa kelas V SD Negeri Karangasem 2, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci: pemahaman konsep, struktur bumi, model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786