candi borobudur kerajaan di indonesia

Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Bangun Ruang pada Pembelajaran Matematika

Pamungkas Amrih Raharjo, Kuswadi, Siti Istiyati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun ruang melalui penggunaan multimedia interaktif pada siswa kelas V SD Negeri Pilangsari 1 Sragen tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data yang diguakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, serta validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah  analisis interaktif, teknik deskriptif komparatif, dan teknik analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun ruang. Peningkatan pemahaman konsep sifat-sifat bangun ruang dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai pada setiap siklusnya, nilai rata-rata siswa yaitu dari 49,52 pada pratindakan, meningkat menjadi 64,82 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 73,66 pada siklus II. Sebelum dilakukan tindakan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (≥65) hanya 8 siswa (21,05%). Pada siklus I meningkat menjadi 20 siswa (52,63%) dan pada siklus II meningkat menjadi 34 siswa (89,47%). Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri Pilangsari 1 Sragen tahun ajaran 2015/2016.

The purpose of this research is to improve understandingof the concept of geometrical propertiesof the use interactive multimediain fifth grade students of Elementary School of Pilangsari 1 Sragen in the academic year 2015/2016. The form of this research is classroom action research (CAR), which conducted of two cycles. The data colecting technique used were observation, interview, test, and documentation. The data validity used were triangulation of resources and triangulation of technique, as well as the validity of the content. The analysis technique used were interactive model, comparative descriptive techniques and techniques of critical analysis. Based on result of the research, showed that using interactive multimediacan improve the understanding of the concept of geometrical properties. Improvement of the students could be seen in the increased understanding of the concept of geometrical properties among the students for the each cycle, the average value among student from 49,52 that are before the action, increased into 64,81 in first cycle, and increased into 73,66 in second cycle. Before action of the research, students who acquired KKM grade ≥ 65 were 8 students (21,05%). In the first cycle, the number of students increased to 20 students (52,63%) and in the second cycle the number of the students increased again became 34 students (89,47%). Based on result of seacrh, it could be concluded that the use of interactive multimedia could improve understanding of the concept of geometrical properties multimedia in fifth grade students of Elemetary School of Pilangsari 1 Sragen in the academic year 2015/2016.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786