candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Tri Yuliani, Suharno, Djaelani, Rukayah

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Round Table pada siswa kelas V SDN Mangkubumen Lor No. 15 tahun ajaran 2015/ 2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam tiga siklus. Tiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V.2 SDN Mangkubumen Lor No.15 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dan teknik deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Round Table dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas pada siswa kelas V SDN Mangkubumen Lor No.15 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dapat diketahui dari hasil pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 77. Persentase ketuntasan pada pratindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III adalah sebagai berikut: 20,59%, 52,94%, 67,65%, dan 94,12% dari 34 siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas pada siswa kelas V SDN Mangkubumen Lor No.15 Surakarta tahun ajaran 2015/ 2016.

Kata Kunci: Round Table, peningkatan, menulis puisi bebas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786