candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MEDIA NERACA BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN

Ratih dewi p, Usada, Siti Istiyati, Siti Kamsiyati

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi perkalian dan pembagian dengan menggunakan media neraca bilangan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas II SD Negeri Setono No.95 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (Milles dan Huberman). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep operasi perkalian dan pembagian meningkat, hal itu terlihat dari nilai setiap siklus yaitu nilai rata-rata sebelum tindakan (prasiklus) 55,75, pada siklus 1 nilai rata-rata menjadi 77 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 86,97. Sebelum dilaksanakan tindakan (prasiklus), peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM (75) sebanyak 9 peserta didik (27,27%), siklus 1 yang tuntas sebanyak 25 peserta didik (75,76%), dan pada siklus 2 yang tuntas sebanyak 30 peserta didik (90,91%). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media neraca bilangan dapat meningkatkan pemahaman konsep operasi perkalian dan pembagian pada peserta didik kelas II SD Negeri Setono No.95 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

 

Abstract:The purpose of this research is to improve concept understanding of multiplication and division by applying number balance media. The type of this research is classroom action research (CAR), it consist of 2 cycles. The subject of this research are the teacher and the second grade students of Setono 95 Elementary school in Academic Year of 2015/2016, which consist of 33 students. The data collecting techniques are test, observation, interview and documentation. The data validity is examined by using content validity. The data analysis technique is interactive analytic model (Milles & Huberman). The result of this research cycle, the average grade before the action (pre-cycle) was 55,75, in the first cycle the average grade increased to 77 and in the second cycle the average grade increased to 86,97. Before the action was held (pre-cycle), the students who acquired passing grade (75) were 9 students (27,27%), in the first cycle the students who passed were 25 students (75,76%), and in the second cycle the number of students who acquired passing grade increase to 30 students (90,91%). Based on the data, it can be concluded that the application of number balance media can improve the concep understanding of multiplication and division on the second grade students of Setono 95 Elementary School at Academic Years of 2015/2016.

 

Kata kunci: Media neraca bilangan, Pemahaman konsep, Operasi perkalian dan pembagian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786