candi borobudur kerajaan di indonesia

PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA

Jamilah Candra Pratiwi, Siti Istiyati, Hartono

Abstract


Abstract: The objective of this research is to improve speaking skill using Problem Based Learning (PBL) models. This research is classroom action research (CAR) wich conducted three cycles, each cycle consist of four phases, there are planning, action, observing, and reflecting. The data was collected by documentation, observation, and test. The data validity used data source triangulation, technique triangulation, and theory triangulation. The result of this research showed that by using Problem Based Learning models could improved speaking skill of the students in VA Grade of State Primary School of Petoran Surakarta in Academic year 2013/2014/

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.  Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data berasal dari siswa dan guru kelas VA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kajian dokumen, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan analisis interaktif. Simpulan penelitian ini adalah hasil penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas VA SD Negeri Petoran Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.

 

Kata Kunci: keterampilan berbicara, model Problem Based Learning (PBL).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786