candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN NILAI BILANGAN PECAHAN YANG BERBEDA

faqri hidayat mustakim, Kuswadi, karsono

Abstract


Abstract: The objective of this research is to improve the ability to compare numeral value of different fraction by applying interactive multimedia in the instructional process. This research belongs to Classroom Action Research (CAR), that is conducted through two cycles. Each cycle consist of four stages such planning, implementing , observation, and reflection. Teachers and students of third grade are the subject and sources of data of the research. The techniques of collecting data use practice nontest how using interactive multimedia, observation, interview, documentation. The method of data validation use triangulation of data and triangulation of technics. Meanwhile, data analysis applied in this research is interactive analysis. The conclusion of this research is by applying interactive multimedia,  it is able to improve the ability to compare numeral value of different fraction.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membandingkan nilai bilangan pecahan yang berbeda melalui penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus.Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III C SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui wawancara guru kelas, siswa, observasi dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan membandingkan nilai bilangan pecahan yang berbeda ditingkatkan melalui penggunaan multimedia interaktif.

 

Kata kunci: kemampuan membandingkan nilai bilangan pecahan yang berbeda, multimedia interaktif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786