candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESAWAT SEDERHANA

wahyu karyati, Jenny Is Poerwanti, Hasan Mahfud

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve concept understanding of simple machine by applying learning model of Science, Environment, Technology, and Society (SETS). The type of this research is classroom action research (CAR), it consists of two cycles. Each cycle consists of four phases, there are planning, action implementation, observation, and reflection. Data is collected by using documentation, observation, interview, questionnaire and test. The technique of data analysis is interactive analytic model (Miles & Huberman), it consist of three components, which are data reduction, display data, and drawing conclution (verification). The results of the research is the aplication of learning model of Science, Environment, Technology, and Society (SETS) can improve the concept understanding of simple machine.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep pesawat sederhana melalui penerapan model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS). Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif (Miles & Huberman) yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan (verifikasi). Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dapat meningkatkan pemahaman konsep pesawat sederhana.

 

Kata kunci: pesawat sederhana, Science, Environment, Technology, and Society (SETS)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786