candi borobudur kerajaan di indonesia

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG MELALUI MEDIA PANGGUNG BONEKA

mintikawati sari fatholah, Usada, M. Ismail Sriyanto

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve the fairytale listening skill through Puppet Stage media on the second grade of SD Negeri 01 Bolon academic year 2013/2014. This research is a classroom action research (CAR). The research performed in two cycles, Each cycle concist planning, action research, observation, and reflection. The subject of this research is second grade teacher and student of SD Negeri 01 Bolon which consist of 30 students. The technique of collecting data in this research are document, observation, interview and test. The techniques of analyzing data used is descriptive comparative wich compare student’s test score from prasiklus, siklus I, until siklus II. The conclusion research is that the use of Puppet Stage media can be improve the fairy tale listening skill on the second grade student of SD Negeri 01 Bolon academic year 2013/2014.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng melalui media Panggung Boneka pada siswa kelas II SD Negeri 01 Bolon tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas II SD Negeri 01 Bolon dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes keterampilan menyimak dongeng siswa dari kondisi awal, siklus I, hingga siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media Panggung Boneka dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng pada siswa kelas II SD Negeri 01 Bolon tahun pelajaran 2013/ 2014.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786