candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MENYEDERHANAKAN PECAHAN

yuni karsih asmi, Usada, Hartono

Abstract


Abstract: The aim of this research is to improve understanding the concept of simplify fractions by applying cooperative learning model of Make a Match  technique with Scientific approach, and to improve the quality of match learning process about simplify fractions that focused on students activities in learning process. The form of this research is classroom action research (CAR), that conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases, there are planning, implementation of action, observation, and reflection. The techniques of collecting data of this research are observation, interview, test, and documentations. The techniques of analyzing data of this rsearch is the analyzis of comparative descriptive model that is by comparing the result of the before and after conducting the research. The validity test of this research is using content validity. The conclution of this research is held in two cycle, it can be conclude that cooperative learning model of Make a Match  technique with Scientific approach in match learning can improve the understanding of the concept about simplify fractions, and it is also can improve the quality of match learning process about simplify fractions.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan pemahaman konsep menyederhanakan pecahan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match dengan pendekatan Scientific, selain juga untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika materi menyederhanakan pecahan yang difokuskan pada keaktifan siswa dalam pembelajaran. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi model deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan nilai siswa sebelum dan sesudah tindakan. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan validitas isi. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan model kooperatif teknik Make a Match dengan pendekatan Scientific dapat meningkatkan pemahaman konsep menyederhanakan pecahan dan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika tentang menyederhanakan pecahan.

 

 Kata Kunci: Make a Match, Pemahaman Konsep, Kualitas Proses

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786