candi borobudur kerajaan di indonesia

NUMBERED HEADS TOGETHER BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI CAHAYA

eka mestiani, Sukarno, Joko Daryanto

Abstract


Abstract: This article is the result of research which is aiming to increase social skills with using Cooperative Learning model of type Numbered Heads Together experiment based on five grade students SDN Gajahan, Colomadu, Karanganyar at academic year 2012/2013. This form research is research action class that consists of two cycles, each cycle consisting of planning, implementing, observation, and reflection. Using data collection techniques interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques using interactive model according to Miles dan Huberman  consists of four components, namely, data collection, data reduction, cereal offering data and conclusion. Based on the results of the study it can be concluded that the application of the Cooperative Learning model of type Numbered Heads Together-based experiments can improve the social skills on five grade students SD Gajahan, Colomadu, Karanganyar. The average value of social skills of precycle is 57,24; cycle I 67,45; cycle II 69,95 which means the social skills of  student in learning science light materials increased as much as 12,71%.

 

Abstrak: Penulisan artikel ini merupakan hasil dari penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together berbasis eksperimen pada siswa kelas V SDN Gajahan, Colomadu, Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif menurut Miles dan Huberman terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together berbasis eksperimen dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V SDN Gajahan, Colomadu, Karanganyar. Nilai rata-rata keterampilan sosial prasiklus adalah 67,45; siklus I 68,86; siklus II 69,95 yang berarti keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPA materi Cahaya meningkat sebanyak 12,71%.

 

Kata kunci: Numbered Heads Together, eksperimen, keterampilan sosial


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786