candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KEBEBASAN BERORGANISASI

Eko Paryono, Usada, Matsuri

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve the understanding of freedom organized concept through the application of cooperative learning model type Team Assisted Individualization. The form of this research is classroom action research (CAR). The research was carried out in two cycles. Each cycle was consist of four phases, there are planning, action implementation, observation, and reflection. The data collection technique was used interview, observation, document and test. Data validity of this research used content validity. The data analysis technique was used descriptive comparative technique, which consist of three components named data reduction, presentation of data, and drawing conclusion. The result of this research show that the application cooperative learning model type Team Assisted Individualization could improve the understanding of freedom organized concept in fifth grade students of SDN 2 Karanglo in 2012/2013.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep  kebebasan berorganisasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe Team Assisted Individualization. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan teknik dekriptif komparatif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe Team assisted individualization dapat meningkatkan pemahaman konsep kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V SDN 2 Karanglo tahun ajaran 2012/ 2013.

 

Kata kunci: pemahaman konsep, kebebasan berorganisasi, team assisted individualization


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786