candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL

Eny Sundari, Usada, Matsuri

Abstract


Abstract: The purpose this research  to improve IPS learning result social problem material in the students class IV of SD Negeri Paten 2  Dukun Magelang by using Guided Note Taking. The type of this research is Classroom Action Research (CAR) during  2 cycles. Each cycle include 4 phases, namely: plan, action, evaluation and reflection. As sample is students class IV of SD Negeri Paten 2 Dukun Magelang, it includes 14 students. Technique of collecting data is used observation, interview, test and documentation. Technique of analyzing data is used technique analyzes of comparative descriptive. It could be recommendation that Guided Note Taking methods could be improved study IPS result social problem material.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial siswa kelas IV SD Negeri Paten 2 Dukun Magelang dengan menggunakan  metode Guided Note Taking. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Sebagai sampel adalah siswa kelas IV SD Negeri Paten 2 Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Kesimpulan dari penelitian ini dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa metode Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial.

 

Kata kunci: hasil belajar IPS, masalah sosial, metode guided note taking

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786