candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BERHURUF JAWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK-PAIR-SHARE

nita mardikianingrum, Retno Winarni, Joko Daryanto

Abstract


Abstract: Improvement of writing simple sentence skill of Javanese letters with the implementation think-pair-share method. The purpose of this research was to increase writing simple sentense of Javanese letters with the implementation Think-Pair-Share method at fourth grade students of SD Negeri 03 Jatisuko district in Karanganyar regency at 2012/2013 academic year. The form of this research was classroom action research (CAR) this research has been in two cycles, each cycle consist of four fases, those are planning, action implementation, observation, and reflection. The technique of data collecting were observarion, interview, test, and documentation. The technique of data analyzed is interactive analyze model, consist of data reduction, display data, and taking conclusion. Think-Pair-Share method can improve writing simple sentense of Javanese letters.

 

Abstrak: Peningkatan keterampilan menulis kalimat sederhana berhuruf Jawa dengan menggunakan metode Think-pair-Share. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana berhuruf Jawa dengan menggunakan metode Think-Pair-Share pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatisuko Tahun Ajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  (PTK) yang terdiri dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik  pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah interaktif yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulannya metode Think-Pair-Share dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana berhuruf Jawa.

 

Kata Kunci: Keterampilan menulis, huruf Jawa, metode Think-Pair-Share


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786