candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PENERAPAN MODEL ACCELERATED LEARNING TIPE MASTER TERHADAP PENCAPAIAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA

priskila dwinando marindasari, Chumdari, Idam Ragil Widianto Atmojo

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to know the learning models that can give a bigger influence to character values achievement in science learning between accelerated learning MASTER type model with direct instruction model. The research type is quantitative research with pre-test-posttest control group design. The po-pulations in this research is all of fifth grade elementary school students of Slamet Riyadi Construction Region Polokarto Sub-District Sukoharjo Regency  2012/ 2013 Academic Year that consist of seven classes. The sam-pling technique was done by cluster random sampling. Sample consist of two class, one class as control group and one other as experiment group. The technique for collection of data is observation, interview, questionnaire, and documentary study. The data analyze technique used t test. The result of the data analyze show that the in-fluence of implementation accelerated learning MASTER type model is bigger significantly than direct instruc-tion to character values achievement in science learning.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran yang memberikan pengaruh yang lebih besar antara model Accelerated Learning tipe MASTER dengan model pembelajaran langsung terhadap pen-capaian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pre-test-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Dabin Slamet Riyadi Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo yang terdiri atas tujuh kelas. Teknik pengambilan sampel yang di-gunakan adalah cluster random sampling. Sampel terdiri atas dua kelas, satu kelas sebagai kelompok kontrol dan satu kelas lainnya sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, ang-ket dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil dari analisis data menunjuk-kan bahwa pengaruh penerapan model Accelerated Learning tipe MASTER lebih besar secara signifikan dari-pada model pembelajaran langsung terhadap pencapaian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPA.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786