candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BERBAGAI BENTUK PECAHAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Retno Suprihatin, H. Soegiyanto Lies Lestari

Abstract


Abstract: The objective of this research is to improve the ability of understanding of the concept arithmetic operation on various forms of fractions of the students in Grade VI of State Primary School Karangasem IV No. 204 of Surakarta in Academic Year 2017/2018. It used the classroom action research with two cycles. Each cycle consisted of two sessions. The activities in each cycle were planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of the research were the classroom teacher and the students as many as 33 in Grade VI of State Primary School Karangasem IV No. 204 of Surakarta. Its data were collected through observation, indepth interview, test, and documentation. They were validated by using data source and data collection technique triangulations and analyzed by using the interactive model of analysis comprising four stages by Miles & Huberman, namely: data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing (Sugiyono, 2015:337. The results showed the average class score was of 61.42 with the classical learning completeness of 39.39%.  Following the treatments, it became 79.17 with the classical learning completeness of 75.76% in Cycle I and 86.42 with the classical learning completeness of 90.91% in Cycle II respectively. Based on the result of the research, it can be concluded that the application of the cooperative learning model of pair checks type could improve the ability of understanding of the concept arithmetic operation on various forms of fractions of the students in Grade VI of State Primary School   Karangasem IV No. 204 of Surakarta academic year 2017/2018.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemapuan pemahaman konsep operasi hitung berbagai bentuk pecahan siswa kelas VI SDN Karangasem IV No. 204 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari dua pertemuan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN Karangasem IV No. 204 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles & Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Sugiyono, 2015: 337). Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas pratindakan sebesar 61,42 dengan ketuntasan siswa 39,39% meningkat menjadi 79,17 pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 75,76%. Kemudian pada akhir siklus II, nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep operasi hitung berbagai bentuk pecahan siswa meningkat menjadi 86,42 dengan ketuntasan klasikal 90,91%.Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks mampu meningkatkan kemapuan pemahaman konsep operasi hitung berbagai bentuk pecahan siswa kelas VI SDN Karangasem IV No 204 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: kemampuan pemahamn konsep operasi hitung, berbagai bentuk pecahan, tipe pair checks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786