candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PRAKTIKUM PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU

Eki Indah Qurnaeni, Siti Istiyati, Chumdari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan praktikum pada siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada pratindakan siswa terampil belim mencapai KKM (≥80). Siklus I siswa terampil sebanyak 11 siswa atau 37%. Siklus II siswa terampil sebanyak 26 atau 87% melebihi KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengunaan model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan praktikum siswa pada ‘Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku’ pada kelas IV di Sekolah Dasar.

Kata kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Keterampilan Menulis Laporan Praktikum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786