candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK DAN BENTUK BENDA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Yani, Lies Lestari, Hadiyah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep peninggalan sejarah melalui pengaruh gaya terhadap gerak dan bentuk benda melalui penerapan Outdoor Learning. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas pratindakan sebesar 62.66 dengan ketuntasan klasikal 40% meningkat menjadi 73,6 dengan ketuntasan klasikal 60% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 80,2 dengan ketuntasan klasikal 88% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui penerapan Outdoor Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep pengaruh gaya terhadap gerak dan bentuk benda melalui penerapan Outdoor Learning pada siswa kelas IV SD Negeri Banmati 01 tahun ajaran 2017/2018

 

Kata kunci: Pemahaman konsep pengaruh gaya terhadap gerak dan bentuk benda, Outdoor Learning

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786