candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA DAN PERUMUSAN DASAR NEGARA MELALUI METODE MEMORY SKILL PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Diah Puspita Sari, Hasan Mahfud, Sadiman

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve the understanding of preparation for independence Indonesia and basic formulation of the country through method Memory Skill. This form of research is a classroom action research conducted three cycles. Each cycle consists of four stages of planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques are using tests, observations, interviews and documentation. Data validity tests are using content validity and triangulation. Data analysis technique used is the interactive model. The results showed the average value of pre-action class score of 66,44 with 41% classical completeness increased to 72,01 with 55,17% classical completeness in cycle I , increased to 74,39 with 72,41% classical completeness in cycle II and increased again to 77,89 with 89,65% classical completeness in cycle III. Based on the result of the research, it can be concluded that through the application of method Memory Skill can improve the understanding of preparation for independence Indonesia and basic formulation of the country for V grade students of SDN Tunggulsari II No. 179 Surakarta in the academic year 2017/2018.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara melalui model pembelajaran Memory Skill Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas pratindakan sebesar 66,44 dengan ketuntasan klasikal 41% meningkat menjadi 72,01 dengan ketuntasan klasikal 55,17% pada siklus I, meningkat menjadi 74,39 dengan ketuntasan klasikal 72,41% pada siklus II dan meningkat kembali menjadi 77,89 dengan ketuntasan klasikal 89,65% pada siklus III . Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Memory Skill dapat meningkatkan pemahaman konsep persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara siswa kelas V SDN Tunggulsari II No. 179 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786