candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Elsa Monica, St.Y Slamet, Endang Sri Markamah

Abstract


Abstract: The objective of this research is to improve the pantun (Indonesian verse) writing skill through Complete Sentence learning model of the students in Grade IV of State Primary School Karangasem II of Surakarta in Academic Year 2017/2018. It used the class room action research with three cycles. Each cycle consisted of four phases, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of the research were the students as many 39 in Grade IV of the school and their classroom teacher. The data of the research were collected through observation, in-depth interview, test, and documentation. The data were validated by using the data source and data collection technique triangulations. They were analyzed by using the interactive model of analysis comprising data collection, data display, and conclusion drawing. The result of the research shows that the average score of the pantun writing skill improved from one cycle to the other cycles. Prior to the treatment, the number of students who achieved the minimal learning completeness criterion of > 80 was 8 (21%). Following the treatments, it became 18 (46.15%) in Cycle I 27 (69.23%) in Cycle II, and 34 (87.18%) in Cycle III. Thus, the use of Complete Sentence learning model could improve the pantun skill writing of the students in Grade IV of State Primary School Karangasem II No.172 of Surakarta in Academic Year 2017/2018.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis pantun melalui model pembelajaran Complete Sentence pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem II Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Karangasem II No.172 Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas keterampilan menulis pantun mengalami peningkatan mulai dari pratindakan, siklus I, siklus II dan siklus III. Sebelum tindakan, siswa yang memperoleh nilai diatas KKM (≥80) sebanyak 8 siswa (21%), pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa (46,15%), pada siklus II meningkat menjadi 27 siswa (69,23%) dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 34 siswa (87,18%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem II No.172 Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Kata kunci : model pembelajaran Complete Sentence, keterampilan menulis pantun

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786