candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Arum Dwi Septiningsih, Yulianti, Hasan Mahfud

Abstract


Abstract: The objective of this research was to improve students' writing skills of Javanese script at Elementary School Mangkuyudan 02 through Make a Match teaching model. The participants were 32 students of grade V consisting of 17 males and 15 females. The type of this research was classroom action research with two cycles. Each cycle made up of four stages; planning, action, observation, and reflection. The data were gathered through observation, interview, test and documentation. The data analysis of this research used interactive analysis technique. The validity of data was determined using content validity, source triangulation and technique triangulation. The result of this research showed that the classical completeness before treatment was 18.75%, meanwhile after the treatment it increased to 56.25% at the first cycle and become 87.50% at the second cycle. Based on the results of this research, teaching model of "Make a Match" could improve students' writing skills of Javanese script at students grade V at Elementary School Mangkuyudan 02 Academic Year 2017/2018.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa SDN Mangkuyudan No. 02 kelas V melalui model pembelajaran Make a Match. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil penelitian ini adalah ketuntasan klasikal pada pratindakan sebesar 18,75%, pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 56,25%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,50%. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada kelas V SDN Mangkuyudan No. 02 Tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: Make a Match, Keterampilan Menulis, Aksara Jawa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786