candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Ratna Diah Nurpitasari, Siti Istiyati, M. Ismail Sriyanto

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve the comprehension concept of natural and man-made features diversity by application of Course Review Horay (CRH) learning model for fifth grade students of Kuripan Kidul 02 State Primary school in the academic year of 2017/2018. This research was a Classroom Action Research which conducted two cycles. Each cycles consisted of two meeting which four stages, namely planning, perfoming, observating and reflecting. Subject this research were 25 fifth grade students of elementary school. The source of data was taken from the teacher and students. The data collection techniques used were interviews, observation, test, and documentation. The validity of data use content validity. The analysis if the data used was descriptive comparative data analysis and interactive analysis model that consist of three components, such us data reduction, data display and conclution. The result obtained from the classroom action research indicated that the average score of the comprehension concept of natural and man-made features diversity class test at pre-action is 59,76 with the class achievement percentage of 24%. In the first cycle, the average class score increased to 70,32  with a percentage of 60%. In the second cycle, the average class score increased 81,88 with the achievement percentage 84 %. Based on this rsearch, it can be concluded that Course Review Horay (CRH) learning model can improve the comprehension concept of natural and man-made features diversity score of fifth grade students of Kuripan Kidul02 State Primary school in the academic year of 2017/2018.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep keragaman kenampakan alam dan buatan dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas V SD N Kuripan Kidul 02 tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah menggunakan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data desktiptif komparatif dan model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas tes pemahaman konsep keragaman kenampakan alam dan buatan pada pratindakan sebesar 59,76 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 24%  . Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 70,32  dengan persentase 60%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 81,88 dengan persentase ketercapaian sebesar 84% . Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan pemahaman konsep keragaman kenampakan alam dan buatan pada siswa kelas V SD N Kuripan Kidul 02 tahun ajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci: Course Review Horay, keragaman kenampakan alam dan buatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786