candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KEBHINEKAAN BANGSA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Burhan Shodiq, Hasan Mahfud, Matsuri

Abstract


Abstract: The objective of this research is to improve the concept of diversity of the Indonesian nation through the Word Square learning model of the student in grade III of SD N Mijen Surakarta in Academic year 2016/2017. The form of this research is a Classroom Action Research (CAR) conducted of 2 cycles. The subject of the research were 23 student 9 male student and 14 female student. Data of the research collected though observation, interview, test and documentation. The data analyzed by using the interactive model of analysis comprising four components, namely: data collection, data reduction, data display, and conclusing drawing. The data were validated by using the sourch and tecnique triangulation. The result of the research that prior to the treatments the learning completeness was 34,78%, it became 78,26% in cycle I and 82,60 in cycle II respectively. The result of the research  is the implementation of Word Square model could improve the concept of diversity of the Indonesian nation of the student in grade III of SD N Mijen Surakarta in academic year 2016/2017.


Kata kunci:
Model Pembelajaran Word Square, Pemahaman Konsep Kebhinekaan Bangsa IndonesiaAbstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep kebhinekaan bangsa Indonesia dengan penerapan model Word Square pada siswa kelas III SD N Mijen Surakarta tahun 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD N Mijen Surakarta yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan siswa pada pra tindakan sebesar 34,78%, siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 78,26% dan siklus II meningkat menjadi 82,60%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Word Square dapat meningkatkan pemahaman konsep kebhinekaan bangsa Indonesia pada siswa kelas III SD N Mijen Surakarta tahun 2016/2017.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786