PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD
Abstract
Abstract : This study aims to determine the effect of using problem-based learning model and inquri on student achievement of third grade students. The research method used is experimental method with pretest-posttest control group design design. Instruments used consist of test instruments and nontes that test aims to determine the improvement of critical thinking skills. and non test in the form of observation to know the implementation of PBL. The results obtained from the study of learning models PBL and Inquri both improve student learning achievement but learning model PBL better significantly. In general, positive responses were given to students on learning PBL model
Abstrak : Penelitian ini berujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning dan inquri terhadap prestasi belajar siswa SD kelas III. Metode penelitian yang dipakai yaitu metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes dan nontes yaitu tes bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis. dan non tes berupa observasi untuk mengetahui keterlaksanaan PBL. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu pembelajaran model PBL dan Inquri sama-sama meningkatkan pretasi belajar siswa tetapi pembelajaran model PBL lebih baik secara signifikan. Secara umum respon positif diberikan siswa terhadap pembelajaran model PBL.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Prestasi Belajar, Model
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2337-8786