candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Ajeng Putri Wijayanti, Endang Sri Markamah, M. Ismail Sriyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan model Think-Talk-Write pada siswa kelas V SDN 01 Kalisoro Tawangmangu tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung tiga siklus. Setiap siklus melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 01 Kalisoro Tawangmangu tahun ajaran 2016/2017. Sumber data dari penelitian ini adalah guru, siswa, dan dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada pratindakan menunjukkan nilai rata-rata keterampilan menulis puisi mencapai 61,7 dengan ketuntasan klasikal 33,3% siswa yang dapat mencapai KKM (≥68). Pada siklus I nilai rata-rata keterampilan menulis puisi meningkat menjadi 69,04 dengan ketuntasan klasikal 42,8%. Pada siklus II nilai rata-rata keterampilan menulis puisi meningkat menjadi 73,80 dengan ketuntasan klasikal 52,4%. Pada siklus III nilai rata-rata keterampilan menulis puisi meningkat menjadi 78,57 dengan ketuntasan klasikal 85,72%. Simpulan penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi dapat ditingkatkan menggunakan model Think-Talk-Write pada siswa kelas V SDN 01 Kalisoro Tawangmangu tahun ajaran 2016/2017.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786