candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN BEREKSPERIMEN DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Tutut Werdiningsih, Sukarno, Kartono

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to explain the results of improving the skill of experimenting through the application of scientific approach to the fourth grade students in one of Elementary School  in Surakarta. This research was a classroom action research conducted for three cycles consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used observation, interview and documentation. The technique of data validity test used triangulation of source and triangulation technique. Data analysis technique used interactive analysis model. The results showed that the scientific approach could improve students' experimental skills. This is evidenced by the increase in the value of students' experimental skills in each cycle, in first cycle only 67.75, increased to 78.27 in II cycle, and increased again to 82.60 in III cycle. It can be concluded that the application of a saitifik approach can improve the skill of experimenting fourth grade students of  Elementary School  in Surakarta in academic year 2016/2017.

 

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bereksperimen dalam mata pelajaran IPA melalui penerapan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV di salah satu SD di Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama tiga siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai keterampilan bereksperimen siswa di setiap siklus, yaitu pada siklus I hanya memperoleh nilai 67,75, pada siklus II meningkat menjadi 78,27, dan pada siklus III meningkat kembali menjadi 82,60. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saitifik dapat meningkatkan keterampilan bereksperimen dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV salah satu SD di Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci : keterampilan berekspreimen, pendekatan saintifik, mata pelajaran IPA

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786