candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL NUMBER HEADS TOGETHER PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Diyah Putri Muswandari, Siti Istiyati, Hartono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep persiapan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDIT MTA Gemolong tahun 2017 melalui penerapan model pembelajaran Number Heads Together. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, pada setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas menggunakan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Number Heads Together dapat mening-katkan pemahaman konsep persiapan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDIT MTA Gemolong tahun 2017.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786