PENERAPAN TEKNIK THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA KRAMA DI KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penerapan Teknik Think Pair Share dengan Media Visual dalam Peningkatan Keterampilan Berbahasa Krama Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama pada siswa kelas III sekolah dasar melalui penerapan teknik Think Pair Share dengan media visual. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sumber data berasal dari informan yaitu siswa dan guru; tempat berlangsungnya aktivitas pembelajaran; dokumen atau arsip yaitu RPP, dan hasil penilaian siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan tes keterampilan berbicara bahasa Jawa krama. Simpulan penelitian ini adalah penerapan teknik think pair share yang dilaksanakan sesuai skenario dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa kelas III SDN 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2014/2015.
Kata Kunci: teknik Think Pair Share, bahasa Jawa krama
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.