candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA TENTANG GAYA DI KELAS V SD

Septiana Unggul Nugraheni

Abstract


Abstract: The Application of Guided Inquiry Learning Model Using Concrete Objects in Improving Critical Thinking Skills and Concept Understanding of Natural Science about Force for the Fifth Grade Students in Elementary School. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the application of Guided Inquiry Learning model using concrete objects, (2) to improve critical thinking and concept understanding of force. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR). Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and techniques. Data were analyzed using quantitative and qualitative analysis consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The conclution of this research are: (1) the implementation of critical thinking skill and concept understanding of natural science learning about force was conducted through stages as follows: problems statement, (b) hypothesis statement, (c) plan the experiment and prepare the media, (d) prove the hypothesis using concrete objects, (e) draw conclusions; (2) the application of Guided Inquiry Learning Model using concrete objects, conducted appropriately, can improve critical thinking skills and concept understanding of natural science about force.

Keywords: Guided Inquiry, concrete objects, critical thinking, concept understanding, natural science

Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Media Benda Konkret dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai media benda konkret dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA; (2) meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA tentang gaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27. Sumber data terdiri dari siswa, guru kelas, dan dokumen. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah: (1)  penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai media benda konkret dilakukan dengan langkah-langkah: (a) merumuskan masalah, (b) membuat hipotesis, (c) merencanakan percobaan dan mempersiapkan media, (d) membuktikan hipotesis melalui percobaan dengan media benda konkret, (e) membuat kesimpulan; (2) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai media benda konkret dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, media konkret, berpikir kritis, pemahaman konsep, IPA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.